-->

2 Cara Membuat Tanda Panah di Inkscape

Saya ingin beritahukan kepada Anda di awal-awal, bahwa pada Inscape kita tidak bisa menemukan pilihan Shapes yang berbentuk panah. Berbeda dengan CorelDraw, tanda panah sudah tersedia pada pilihan menu. Namun kemudian bukan berarti kita tidak bisa membuat.

Yah memang rada nyesek sih ya, namun saya yakin untuk awal-awal Anda akan merasa kesal. Namun jika sudah biasa Anda akan membuatnya dengan cepat. Akan tetapi Anda jangan terburu-buru kecewa, jika kita hanya membutuhkan tanda panah yang kecil, kita bisa membuatnya dengan otomatis. Saya akan memberikan dua tutorial cara membuat tanda panah di inkscape. Cara pertama adalah cara manual, dan cara kedua adalah cara otomatis.
Berikut ini langkah-langkah cara membuat tanda panah di inkscape:

Cara Manual

- Yang perlu Anda butuhkan adalah sebuah bentuk persegi panjang dan bentuk segitiga. Persegi panjang saya sarankan jangan terlalu tebal. Perhatikan gambar di bawah ini:


Panah nomor 1 untuk membuat bentuk persegi.
Panah nomor 2 untuk membuat bentuk segitiga, namun jangan lupa sebelum Anda menseret gambar, pastikan panah nomor 3 dan nomor 4 sudah Anda atur. Agar membentuk gambar segitiga yang presisi saya sarankan ketika mau menarik gambar Anda sambil menakan tombol ctrl di keyboard.

Sehingga akan terbentuk dua bentuk seperti ini:
- Pada bagian segitiga kita atur terlebih dahulu arah panahnya mau di arahkan kemana. Dalam hal ini akan saya akan arahkan ke sebelah kiri. Agar presisi saya menggunakan tombol arah panah berbentuk lingkaran di menu bagian atas. Lebih tepatnya lihat gambar di bawah ini: (Jangan lupa klik dulu bentuk segitiganya)


Karena saya mau arahkan ke sebelah kiri, maka saya klik yang arah melingkar ke kiri. Sehingga seharusnya bentuk segitiganya akan mengarah puncak ke sebelah kiri.

- Selanjutnya untuk menyatukan dua gambar tersebut Anda tinggal geser-geser saja garis agar presisi. Jika ingin lebih presisi lagi Anda tinggal gunakan opsi Align. 


- Agar tidak berubah ubah bentuknya saya sarankan Anda untuk mengubah bentuknya menjadi Union. Caranya select semua bentuk segitiga dan persegi panjang tadi lalu masuk di Path dan pilih Union


Akhirnya selesai dan gambar panah sudah jadi.




Cara Otomatis

Namanya cara otomatis seharusnya lebih simpel ya, berikut ini langkah langkahnya:
- Silahkan buat garis lurus, Anda bisa menggunakan Draw Bezier. Mungkin logonya agak beda dengan yang di gambar berikut ya, namun namanya sama yaitu Draw Bezier.


- Setelah itu silahkan seret saja kursornya di layar, bisa sampil menekan tombol ctlr di keyboard agar garisnya bisa lurus dan simetri. 
- Kemudian klik Fill and Stoke yang biasa di gunakan untuk mewarnai objek, tombol tersebut biasanya terletak di sebelah tombol T. Seperti gambar di bawah ini yang di klik:


- Selanjutnya perhatikan pada bagian Fill and Stoke pada gambar di bawah ini:


Klik Stroke style untuk masuk pada pengaturan garis seperti yang di tunjukkan pada panah 1. 
Panah ke 2 itu untuk mengatur ketebalan garis, Anda bisa mengatur sesuai keinginan. Kemudian pada bagian Markers Anda bisa memilih bentuk objek panahan. Dalam contoh saya ini saya menggunakan panah sebelah kanan, dengan bentuk panah seperti pada di gambar.
Perlu di ketahui bahwa cara ini akan menghasilkan bentuk panah yang garisnya tidak terlalu tebal. Jika garisnya tebal maka bantuk panahnya juga akan ikut membesar.
Okee itu saja barangkali tutorial pada artikel ini, mudah-mudahan dapat membantu teman-teman sekalian. Jika ada yang mau di diskusikan silahkan komentar di kolom bawah ya..

Thoha Firdaus
Seorang pencari ilmu, yah itu saja..

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter