Keunggulan Blogger/Blogspot Ketimbang Wordpress

Keunggulan Blogger/Blogspot Ketimbang Wordpress

Blogspot dan Wordpress, dua platfom yang sudah tidak asing di dunia blog. Ketika kita bertanya kepada teman kita "Kamu sudah pernah punya blog? Wordpress atau Blogspot?". 

Padahal sebetulnya banyak platfom gratis maupun berbayar yang ada di luar sana selain Wordpress dan Blogspot. Namun karena dua platfom ini sudah terlanjur besar, sehingga hanya dua platfom ini yang umum dipakai.

Woordpress Lebih Unggul daripada Blogspot?

Banyak yang sepakat bahwa Wordpress lebih unggul daripada Blogspot/Blogger. Saya sendiri juga sepakat dengan hal itu, namun bukan karena ikut-ikutan, tapi karena saya sudah benar-benar menggunakan kedua platfom tersebut. 

Jika memang Wordpress lebih unggul daripada Blogspot, lalu mau di isi apa tulisan ini?

Wordpress memang lebih unggul daripada Blogspot, namun di tinjau dari apa dulu? Wordpress tidak sepenuhnya unggul daripada Blogspot, ada beberapa point Blogspot unggul daripada Wordpress.

Di dalam tulisnan ini saya tidak akan banyak membahas keunggulan dari Wordpress, namun lebih banyak membahas keunggulan dari Blogspot, dimana itu tidak bisa dinikmati atau dimiliki bagai pengguna Wordpress. 

Oke berikut ini beberapa keunggulan Blogspot daripada Wordpress:

Simpel Setting di Awal, Beres..

Iyes, Blogspot simpel.. Cukup setting si awal saja selanjutnya beres.. Kamu tidak perlu banyak melakukan maintenance. Tidak perlu update-update plugin maupun update WordPress demi keamanan. Blogspot kemanan sudah langsung di jaga oleh Google. 

Mengapa saya bilang setting di awal? Yah sebetulnya gak banyak setting juga gak apa-apa, hanya saja mungkin banyak yang tidak terlalu suka dengan tampilan seadanya. Karena setting awal kebanyakan mengatur tampilan. 

Tidak Perlu Memikir Biaya Tagihan, Semua Gratis

Anda tidak perlu memikir biaya tagihan jika semuanya serba gratis. Tidak mikir masalah hosting, apalagi mikir hostingnya pakai SSD atau berapa CPU. Nggak.. nggak perlu mikir itu, karena semua sudah powerfull. Kapasitas hardisk serta kecepatan CPU tentu sudah terbaik diberikan oleh Google. 

Domain juga sebetulnya gratis, kecuali kamu mau upgrade ke domain yang tanpa embel-embel .blogspot.com. Ah domain berapa sih kalau beli, 120rb pertahun juga sangat murah, malahan saya pernah beli domain .my.id cuma 12rb, kamu bisa order langsung 5 tahun. 

Urusan SEO Gak Kalah Bagus dengan Wordpress 

Wordpress memang mendukung beberapa plugin SEO, contohnya seperti Yoast, RankMath, dll. Tapi kan mereka hanya alat.. Bukan 100% menjamin lebih bisa work daripada yang tidak memakai. Kamu juga bisa menetap SEO di blogspot asalkan kamu tau konsepnya. Misalnya bagaimana membuat heading, membuat judul yang tepat, membuat link yang tepat, dll.

Tema/Template Premium Murah-Murah

Tema blogger tidak semahal tema yang di sediakan oleh Wordpress. Yah.. memang tergantung jenis templatenya. Saya sendiri sudah banyak membandingkan jenis-jenis template yang dimana rata-rata template premium itu murah-murah. Bahkan banyak sekali developer template blogspot yang asli Indonesia, sebut saja Mas Sugeng, Igniel, Arlina Design, Jago Desain, dll.

Cek di Komentar

Silahkan Anda menulis ide pendapat Anda di dalam komentar, apa kira-kira kelebihan lain dari Blogspot daripada Wordpress. Masukkan-masukkan Anda akan di baca oleh pengunjung lain di halaman ini dan bisa bermanfaat bagi mereka. Apalagi bagi pengguna yang baru memulai menggunakan blog.

Kesimpulan

Wordpress tidak sepenuhnya unggul daripada Blogspot. Beberapa kondisi memungkinkan Blogspot lebih unggul. 

Posting Komentar untuk "Keunggulan Blogger/Blogspot Ketimbang Wordpress"