Cara Membuat Kata Kunci Abstrak

Kata kunci atau keyword merupakan hal yang penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja dalam sebuah abstrak penelitian. Keyword biasanya selalu disandingkan dengan abstrak yang letaknya setelah paragraf abstrak.

Berkenaan dengan abstrak, saya sendiri sudah panjang lebar membahasanya di Cara Membuat Abstrak Skripsi. Saya juga sedikit menyinggung tentang kata kunci/keyword di sana, silahkan baca jika sekiranya juga bermanfaat.

Biasanya keyword abstrak terletak dalam sebuah dokumen tugas akhir seperti skripsi, tesis atau disertasi. Selain itu keyword abstrak biasanya juga terdapat di artikel jurnal dan makalah ilmiah. 

Hal ini menandakan betapa pentingnya kata kunci di dalam sebuah karya ilmiah. Mengapa demikian? Simak penjelasannya di bawah.

Manfaat Keyword/Kata Kunci Abstrak

Kata kunci abstrak, meskipun terlihat sederhana namun ini merupakan hal penting. Beberapa manfaat adanya kata kunci abstrak:

  1. Menyederhanakan informasi pembaca agar memahami isi hal penting apa yang sering di bahas dalam sebuah penelitian.
  2. Memudahkan sistem dalam mengelompokkan sebuah kata kunci yang sama. Jika Anda tidak paham, ini maksudnya adalah mempermudah sistem website dalam mengkategorikan tentang penelitian yang relevan. Bisanya di sistem OJS (Open Journal System) atau sistem repository memasukkan informasi ini dalam sebuah forms tersendiri.
  3. Mempermudah search engine dalam menemukan makalah penelitian yang tepat.

Cara Membuat Kata Kunci Abstrak

Kata kunci adalah kata-kata yang mewakili isi dari artikel atau dokumen penelitian Anda. Membuatnya cukuplah mudah. 

Berikut ini tips cara membuat kata kunci abstrak:

  1. Cari kata kunci melalui judul penelitian Anda.
    Biasanya judul penelitian banyak mengandung kata kunci yang tepat. Misalnya saja saya mempunyai artikel dengan judul "Rancangan Sederhana Penentuan Modulus Puntir Batang Besi untuk Pembelajaran Peserta Didik". Maka saya sudah mendapatkan 2 kata kunci penting di sana, yaitu modulus puntir, dan besi.
  2. Berpikir dari sudut pandang pembaca.
    Kata kunci apa yang akan dicari pembaca yang akan membantu menemukan artikel Anda. Informasi ini saya temukan di forum diskusi yang membahas tentang kata kunci.
  3. Pastikan kata kunci harus ada di abstrak.
    Anda tidak boleh sembarang dalam membuat kata kunci, karena kata kunci tersebut setidaknya harus disinggung dalam paragraf abstrak.

Itulah 3 cara trips dalam membuat kata kunci abstrak. Jika teman-teman ada tambahan lain, silahkan boleh tulis saja di kolom komentar.

Berikut kata kunci abstrak yang mungkin bisa menjadi contoh:

Cara Membuat kata kunci abstrak

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Kata Kunci Abstrak

Dalam membuat kata kunci, Anda tidak boleh sembarangan dalam membuat. Silahkan simah hal yang perlu di perhatikan dalam membuat kata kunci abtrak:

  1. Kata kunci tidak boleh panjang, setidaknya maksimal 5 kata kunci yang dipisahkan dengan koma.
  2. Perhatikan petunjuk penulisan dalam pembuatan kata kunci abstrak yang ada di dalam panduan institusi atau penerbit, bisa jadi mereka menambahkan aturan tertentu.

Kesimpulan

Itulah cara dalam membuat kata kunci abstrak yang baik. Membuatnya cukuplah mudah, namun Anda harus memahami kaidahnya. 

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika kurang paham jangan ragu untuk diskusi di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Kata Kunci Abstrak"