Cara Baru Mempublikasi Postingan di Blog menggunakan HP

Bagi sebagian orang mengetik di depan komputer atau di depan laptop itu sangat membosankan. Harapannya sih pengen bersantai-santai sambil tiduran tapi bisa menghasilkan tulisan. Tujuannya agar blog kita terus produktif maka kita harus tetap melakukan update tulisan.

Terkadang tidak jarang ketika kita menemukan sebuah ide dan di waktu yang sama kita sedang tidak memungkinkan membuka laptop atau membuka komputer. Terus solusinya gimana dong?


Tutorial

Dengan menggunakan Smartphone kita masih tetap bisa kok membuat tulisan tanpa repot dan mudah. Google telah menyediakan aplikasi Blogger agar para blogger bisa memanfaatkan luang waktu nya meskipun dia sedang tidak di depan komputer. Sesuai dengan judul di dalam artikel ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat artikel menggunakan HP.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload aplikasi blogger. Aplikasi blogger ini dapat anda download di PlayStore, namun sayang sekali tidak tersedia di App Store (sejak artikel ini di release). Linknya ada di bawah ini:

Pertama kali membuka aplikasi Anda akan melihat layar berlogo dan tulisam Blogger. Di bawahnya Anda akan melihat tombol Login dengan Google. Maka silahkan Anda tekan tombol tersebut untuk melakukan login akun google. Ketika menekan biasanya akan ada beberapa pilihan email, mengapa kok belum login sudah ada email kita? Jawabannya karena kamu pakai Andorid, dimana kalau punya android harusnya sudah login email google.

Jika sudah melakukan login, selanjutnya Anda akan dibadapkan di halaman dashboard blog Anda. Jika blog ada jumlahnya ada banyak, pada halaman ini aplikasi langsung memilih blog mana yg terakhir Anda akses. 

Pada bagian atas ada dua menu yang terlihat, silahkan lihat gambar dibawah:

Sebelah kiri yg anak panah kedua ini ternyata juga ada menu. Saya sempat bingung dulu ketika mau ganti blog, ternyata menunya ada di situ. Sedangkan menu yang sebelah kanan panah nomor satu itu untuk mengganti akun email.

Membuat Postingan Baru

untuk membuat postingan baru anda tekan tombol yang paling bawah sebelah kanan. Gambarnya kurang lebih seperti dibawah ini:
Jika sudah anda akan dihadapkan tampilan seperti gambar dibawah ini.

Ada 3 baris kolom dimana anda bisa membuat tulisan di sana. Yang paling atas adalah untuk diisi judul artikel anda. Yang tengah itu berisi tulisan dari artikel anda. Dan yang paling bawah itu berisi label atau kategori postingan anda. Jika Anda mempunyai kategori/label khusus, Anda harus mengingat-ingat nama labelnya. Berbeda dengan aplikasi versi sebelumnya, jika kita menuliskan huruf awalan label, ada daftar label yang muncul. Sekali pada versi ini tidak lagi seperti demikian.

Saat saya menulis artikel ini saya menggunakan HP untuk memposting artikel. Anda bisa melihat gambar di bawah ini.
Di bawah ada beberapa menu diantaranya adalah untuk menyisipkan gambar dan untuk membuat jenis tulisan tebal miring atau garis bawah. Jika anda sudah selesai menulis Anda tekan saja centang di pojok kanan atas, warnanya hijau.

Mempublikasikan Artikel/Postingan

jika sudah dirasa selesai maka anda bisa mempublishnya dengan cara menekan tombol sebelah kanan atas, seperti yang saya tunjukkan gambar dibawah ini.

Jika anda ingin menyimpannya terlebih dahulu untuk kemudian kita edit lagi maka anda bisa menekan tombol titik tiga di sebelah paling kanan. Ketika anda tekan, ada dua pilihan yaitu simpan atau hapus.

Itu saja tutorial yang bisa saya sampaikan mudah-mudahan bisa bermanfaat. Jika ada yang ingin didiskusikan silakan tulis di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Cara Baru Mempublikasi Postingan di Blog menggunakan HP"