Cara Menghapus Blog dan Mengembalikannya

Bagi sebagian orang mempunyai blog yang mempunyai pengunjung yang banyak tentu saja ini yang kita harapkan. Apalagi jika kita mempunyai blog yang banyak dan analitik pengunjungnya rata-rata di luar ekspektasi kita. Apalagi di para penggemar blogger atau blogspot, hanya bermodal satu email saja kita bisa membuat blog yang banyak.

Akan tetapi bagi sebagian orang mempuyai blog banyak justru akan memusingkan. Kita jadi harus berbagi pikiran untuk menulis artikel. Karena membingungkan akhirnya ujung-ujugnya kita sendiri yang kualahan dan jadi berhenti menulis. Solusi agar kita lebih produktif menulis adalah salah satunya kita bisa fokus ke salah satu blog saja. Namun bukan berarti saya melarang Anda untuk membuat blog banyak ya. Jika Anda mempunyai waktu dan bisa membaginya saya rasa itu tidak menjadi masalah.

Nah dalam artikel ini saya akan berikan tutorial bagaimana cara menghapus blog dan cara mengembalikan blog yang sudah terlanjur kita hapus. Blog yang Anda hapus nanti akan masih bisa dipulihkan lagi dengan waktu limit sampai selama 90 hari. Jika lebih dari 90 hari Anda tidak bertindak untuk mengembalikan, maka otomatis blog akan terhapus secara permanen. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Cara Menghapus Blog

- Silahkan masuk dan pilih blog mana yang akan kita hapus, kemudian silahkan masuk di menu Setelan [1] dan pilih Lainnya [2].



- Perhatikan pada bagian Hapus Blog, silahkan klik Hapus blog [3] seperti yang saya kasih panah nomor 3.

- Selanjutnya Anda akan diberi sebuah pemberitahuan yang mengatakan bahwa:
Blog yang telah dihapus dapat dipulihkan dalam jangka waktu 90 hari sebelum dihapus selamanya. Anda dapat membuat blog lainnya di alamat ini dengan menggunakan Akun Google yang saat ini digunakan.
Kemudian Anda masih diberi kesempatan untuk melakukan Backup dengan cara klik Download Blog. Anda akan mendapatkan file xml untuk mungkin keperluan pindah blog atau untuk memulihkan kembali blog di lain waktu.

- Selanjutnya jika sudah dirasa cukup, silahkan klik Hapus Blog ini. Maka kemudian seketika blog sudah tidak dapat di akses lagi secara publik.

Cara Mengembalikan Blog yang Dihapus

- Caranya sebetulnya cukup mudah, pada bagian menu sidebar kiri Anda silahkan klik tanda segitiga yang ujugnya megarah ke bawah. Disana Anda akan menemukan daftar blog yang sudah Anda buat, dan di sana juga terdapat informasi blog yang sudah Anda hapus.



Perhatikan pada bagian informasi Blog yang dihapus. Dalam contoh ini, saya sudah menghapus blog yang berjudul Serba-Serbi Umbi. Untuk memulihkan atau mengembalikan lagi, silahkan Anda klik saja blog yang sudah di hapus.

- Kemudian Anda akan dihadapkan pada halaman yang kurang lebih seperti ini:


Disana terdapat informasi kapan Anda menghapus blog Anda, kemudian ada dua opsi pilihan.

  • HAPUS SECARA PERMANEN: ini memungkinkan kita untuk menghapus permanen atau selama-lamanya, artiknya jika kita memilih opsi ini blog kita tidak akan bisa dipulihkan kembali.
  • URUNGKAN PENGHAPUSAN: ini memungkinkan kita untuk membatalkan penghapusan permanen. Selama masih dalam waktu 90 hari sejak penghapusan, Anda masih diberi kesempatan untuk mengembalikan blog kita seperti sedia kala.
Dua opsi diatas tentu saja Anda sudah tau opsi mana yang akan Anda pilih.


Akhirnya usah sudah tutorial ini, silahkan jika ada yang mau didiskusikan bisa tulis di dalam kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Cara Menghapus Blog dan Mengembalikannya "