4 Rekomendasi Penyimpanan Cloud Terbaik


Kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa rekomendasi penyimpanan cloud terbaik yang wajib Anda ketahui. Dengan adanya penyimpanan cloud ini mempermudah kita untuk mem-backup data dan mensinkronisasi dokumen dengan mudah. 
Sejak saya menggunakan penyimpanan cloud selama kurang lebih 4 tahun ini hampir saya jarang menggunakan flashdisk dan semacamnya ketika ingin memindahkan data.
Di era modern saat ini jika anda masih menggunakan backup dengan cara manual di disk, Saya rasa Anda masih jadul.


Manfaat Yang Didapatkan Jika Menggunakan Penyimpanan berbasis Cloud 

Sebelum saya menunjukkan rekomendasi dari penyedia cloud terbaik, saya akan menjelaskan terlebih dahulu beberapa poin manfaat yang bisa anda dapatkan jika menggunakan penyimpanan berbasis cloud:
  1. Data Anda akan lebih aman dari kerusakan. tentu saja jika kita menyimpan di cloud meskipun komputer laptop atau handphone kita rusak, file yang kita miliki akan tetap aman dan tidak ikut hilang/rusak.
  2. Akan mudah sinkronisasi antara device. Saya yakin tidak jarang diantara kita yang memiliki lebih dari 1 device. Misal saja anda mempunyai 1 laptop, 1 komputer, dan 1 handphone. ketika kita ingin menyimpan file di salah satu device maka seluruh di device juga akan tersinkron otomatis. Kita tidak perlu memindah memindahkan file secara manual karena sudah dilakukan secara otomatis.
  3. Mudah berbagi file dengan orang lain. Hampir seluruh penyedia cloud menyediakan berbagi file secara publik. Kita bisa memanfaatkan ini untuk berbagi kepada saudara atau kerabat dan kolega kita meskipun mereka tidak memiliki akun cloud. Kita cukup membagikan link dan mereka bisa melihat file kita dengan mudah.
  4. Gratis gratis.. Benar, banyak sekali penyedia cloud yang memberikan layanan ini secara gratis meskipun mereka juga menyediakan layanan yang premium. Rata-rata penyedia cloud yang gratis membedakan dari banyak sedikitnya kapasitas kuota yang mereka tawarkan. Meski demikian yang versi gratis terganteng kita sudah lebih dari cukup.
Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa Anda dapatkan, namun mungkin lebih baiknya Anda langsung menikmati saja sendiri ya..

Rekomendasi Penyimpanan Cloud Terbaik


Baiklah tanpa berlama-lama berikut ini 4 rekomendasi terbaik penyimpanan berbasis cloud yang penting untuk kamu ketahui:

1). Google Drive

Saya rasa Google Drive sudah menjadi barang wajib harus ada di dalam daftar list yang saya berikan. Pasalnya penyedia cloud milik google ini masih menjadi yang terbaik saat ini. Siapa yang tidak tau perusaan Google dan juga search engine terbesar ini.

15 GB penyimpanan gratis saya rasa ini sangatlah cukup. Jika Anda merasa itu kurang, kamu bisa meningkatkannya ke paket prabayar dengan harga yang cukup terjangkau. Berikut ini informasinya:
  • 100 GB = Rp26.900/Bulan atau Rp269.000/Tahun
  • 200 GB = Rp43.000/Bulan atau Rp430.000/Tahun
  • 1TB = 135.000/Bulan atau 1.350.000/Tahun
Untuk informasi lebih lengkapnya silahkan kunjungi <<Klik di sini>>

Dengan menggunakan Google Drive kamu bisa menginstal aplikasinya baik di laptop, komputer maupun di Smartphone Anda, baik tersedia di sistem operasi Windows, MacOS, maupun Linux. Aplikasi juga tersedia di Android maupun IOS.

2. OneDrive

OneDrive merupakan salah satu layanan Cloud milik Microsoft. Siapa juga yang tidak dengan Microsoft saat ini, pasti Anda sudah mengenalnya bahka menikmati beberapa aplikasi milik microsoft ini. Sebut saja misalnya Microsoft Office dan Windows. Selain menyediakan layanan software, Microsoft juga menyediakan layanan cloud yang mereka sebut sebagai OneDrive.

Paket gratis yang diberikan OneDrive memang tidak sebanyak Google Drive, namun 5GB paket gratis ini juga tidak dibilah kecil-kecil amat. Anda bisa menikmati cloud ini dengan gratis dengan mendaftar melalui halaman websitenya di https://onedrive.live.com/

Jika paket gratis tersebut menurut Anda masih kurang, Anda bisa upgrade ke paket yang prabayar. Sebetulnya ada 2 jenis paket, yaitu untuk rumahan dan untuk bisnis. Berikut ini paket rumahan yang mungkin cocok untuk Anda:
  • 100GB = Rp28.999 / bulan
  • 1TB = Rp959.999 / tahun plus dapat aplikasi langganan Microsoft 365
  • 6TB = Rp1.299.999 / tahun plus dapat aplikasi langganan Microsoft 365
Untuk mengetahui informasi lebih detailnya, silahkan <<Klik di sini>>

OneDrive ini sendiri dapat di gunakan di Windows dan di MacOS, hanya saja tidak bisa berjalan di Linux. Namun aplikasinya masih juga bisa beroperasi di Android maupun di IOS.

3. Dropbox

Dropbox merupakan penyedia layanan cloud yang tidak bisa diremehkan sebelah mata. Drobox sudah berdiri lumayan cukup lama. Awal-awal pertama dulu, saya menggunakan layanan cloud dari Dropbox untuk menyimpan file dan berkas saya di komputer, karena layanan ini cukup mudah digunakan.

Namun sayang sekali, paket gratis yang diberikan oleh Dropbox memang tidak begitu banyak, namun masih terbilang cukup, yaitu tersedia paket basic sebesar 2GB. Sebetulnya banyak jenis-jenis paket yang ditawarkan oleh Dropbox, saya sendiri juga agak bingung. Namun kurang lebihnya sebagai berikut:
  • 2 TB = US$9,99 / bulan
  • 2 TB = US$16,99 / bulan
  • 3 TB = US$16,58 / bulan
  • 5 TB = US$12,50 / pengguna / bulan
Selain yang di atas masih ada banyak paket yang disediakan. Silahkan lihat <<Klik di sini>>

Dropbox sendiri dapat Anda instal melalui komputer, laptop, maupun smartphone. Bisa digunakan di Windows, MacOS, maupun Linux. Serta aplikasinya dapat di download di Android maupun di IOS.

4. iCloud

Aplikasi rekomendasi terakhir adalah iCloud. Jujur saya sendiri sebetulnya jangan menggunakan layanan milik Apple ini. Meskipun saya sendiri memiliki perangkat apple seperti Macbook, iPhone, dan iPad. Saya sendiri masih cocok menggunakan layanan Cloud selain dari iCloud.

Saat pertama registrasi Anda langsung mendapatkan layanan cloud gratis sebesar 5GB. Kapasitas segitu bukan merupakan kapasitas yang kecil, namun ini sudah cukup untuk menyimpan dokumen-dokumen penting kita. Jika dirasa paket 5GB kurang, mungkin Anda perlu meningkatkan ke paket premium, yaitu sebagai berikut:
  • 50 GB =  Rp15.000/bulan
  • 200 GB = Rp45.000/bulan
  • 2 TB = Rp149.000/bulan
Informasi diatas dapat Anda dapatkan melalui halaman resminya, silahkan <<Klik di sini>>

Kesimpulan

Itulah tadi 4 rekomendasi penyimpanan Cloud yang wajib Anda ketahui. Setelah membaca informasi di atas, seharusnya Anda sudah bisa memutuskan untuk menggunakan layanan cloud yang mana. Jujur saya sendiri saat ini masih menggunakan layanan OneDrive dan Dropbox. Di OneDrive saya berlangganan Office365 dan mendapat gratis OneDrive sebesar 1TB, itu sayang sekali jika tidak dimanfaatkan. Dan saya juga Dropbox versi gratis, karena layanan ini sendiri tergolong mudah digunkan dan bisa di gunakan di multi sistem operasi.

Posting Komentar untuk "4 Rekomendasi Penyimpanan Cloud Terbaik"