Penjabaran Kemampuan Analisis dan Indikator yang Harus Dimiliki

Pengertian Kemampuan Analisis

Kemampuan analisis sangatlah diperlukan dalam proses pembelajaran. Kemampuan analisis merupakan salah satu unsur dalam domain kognitif hasil belajar peserta didik (Izzati, 2017).

Anderson & Krathwohl (2010) menyatakan bahwa kemampuan analisis siswa adalah kemampuan siswa dalam menguraikan suatu informasi ke dalam unsur-unsur yang lebih kecil untuk menentukan keterkaitan antar unsur. 

Kemampuan analisis ditunjukkan dengan mampu menguraikan pengetahuan ke bagian-bagian yang lebih kecil dan mampu menunjukkan hubungan antar bagian tersebut. 

Kemampuan analisis adalah bagian dari domain kognitif, yang merupakan pemecahan bahan atau konsep menjadi beberapa bagian, menentukan bagaimana bagian saling berhubungan satu sama lain atau bagaimana keduanya saling terkait, atau bagaimana bagian-bagiannya berhubungan dengan struktur atau tujuan keseluruhan. 

Tindakan mental yang termasuk dalam fungsi ini adalah membedakan, mengatur, dan menghubungkan, serta mampu membedakan antara komponen atau bagian. Ketika seseorang menganalisis, dia dapat menggambarkan fungsi ini dengan membuat spreadsheet, survei, diagram, atau representasi grafis. Krathwohl et al., (2002) membagi struktur dimensi proses kognitif menjadi tiga kategori, yaitu membedakan, mengkoordinasikan, dan menghubungkan. 

Indikator Kemampuan Analisis

Penjabaran tentang pembagian indikator kemampuan analisis sebagaimana Tabel di bawah:


    
Kategori     
    
Kata kerja operasional    
    
Definisi    
    
Indikator    
   
Membedakan   
   
Membedakan, memfokuskan   
   
Membedakan yang relevan atau penting dari   bagian material yang tidak relevan atau tidak penting
   
   
   
Mampu   mengenali serta membedakan faktor penyebab dan akibat dari sebuah skenario   rumit
   
   
   
Mengorganisasikan   
   
Menemukan koherensi, mengintegrasikan,   menguraikan   
   
Menentukan bagaimana elemen sesuai atau   berfungsi dalam struktur   
   
Menganalisis informasi yang masuk dan   membagi-bagi atau menstrukturkan informasi ke dalam bagian yang lebih kecil   untuk mengenali pola atau hubungannya.    
   
Menghubungkan    
   
mendekonstruksi   
   
Tentukan sudut pandang, bias, nilai, atau   maksud yang mendasari materi yang disajikan   
   
Mengidentifikasi/merumuskan pertanyaan
   
   

Daftar Pustaka

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Izzati, N. (2017). Peningkatan Kemampuan Analisis Matematis Mahasiswa melalui Penerapan Pendekatan Open-Ended. Jurnal The Original Research of Mathematics, 1(2), 72–81.

Krathwohl, D. R., Anderson, L. W., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., … Wittrock, M. C. (2002). A Taxonomy For Learning, Teaching, And Assessing: A Revision Of Bloom’s Taxonomy Of Educational Objectives. New York Longman, 41(4), 302. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4104_2

Posting Komentar untuk "Penjabaran Kemampuan Analisis dan Indikator yang Harus Dimiliki"