Menghilangkan Bayangan/Border Shadow di Page pada Inkscape

Secara default ketika kita membuka inkscape pada bagian page border (garis persegi panjang vertikal berbentuk kertas) terlihat ada seperti bayangannya. Bayangan tersebut di dalam inkscape di sebut juga dengan Border Shadow. Bagi sebagian orang ini sangat mengganggu karena ketika sedang membuat desain buku ini terlihat seperti garis tebal. Fungsi ini sendiri (menurut saya) hanya sebagai percantik garis saja, kalau salah mohon di koreksi ya.


Baik karena mungkin sebagian orang ini sangat mengganggu, kita bisa menghilangkan bayangan ini. Namun demikian jika kita ingin mengaktifkan lagi ini juga bisa. Berikut ini langkah-langkah cara menghilangkan bayangan/border shadow:

- Silahkan masuk di menu File  lalu pilih atau klik bagian Document Properties. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar pada bagian bawah ini:


- Bada bagian interfaces Document Properties silahkan lihat pada bagian bawah sebelah kanan, tepatnya di bagian Border.

Selanjutnya silahkan buang ceklis pada bagian Show border shadow. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tanda panah merah pada gambar di atas. Jika sudah silahkan close saja Document Properties tersebut.

Setelah Anda membuang ceklis tersebut, seharusnya sudah tidak lagi tampil bayangan pada bagian border/garis persegi panjang tersebut. Tampilannya sekarang jadi seperti ini:

Oke saya rasa ini sangat mudah, dan saya yakin teman-teman bisa melakukannya. Mudah-mudahan bermanfaat, jika ingin berdiskusi silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah ya.

1 komentar untuk "Menghilangkan Bayangan/Border Shadow di Page pada Inkscape"

  1. Tanya Kak, kalau sebaliknya gimana?

    Mksdnya justru sy pengen munculin shadow pada page.
    'Show border shadow' sdh sy centang on, tapi ga muncul juga shadownya.

    Krn sy pemula suka klik-klik pengen tau, mungkin ada salah pencet Kak. Sampai si shadownya tanpa sy sadari hilang walau tombol 'Show border shadow' sdh dlm keadaan tercentang (on)

    Trims sebelumnya Kak 🙏🏼

    BalasHapus